Selamat datang, bacalah selalu "Basmalah" sebelum membacanya, semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua

Sunday, January 7, 2018

Blogger

Penjelasan Ketua Dewan Fatwa MUI Pariaman tentang kegiatan Basapa



Kegiatan basapa tidak asing lagi bagi masyarakat Pariaman, Ulakan khususnya. Setiap tahun, setelah tanggal 10 Syafar masyarakat Pariaman selalu memperingati meninggalnya Syheh Burhanuddin yang dikenal dengan sebutan basapa. Di namakan dengan basapa karena kegitan ini hanya dilaksanakan pada bulan safar tahun hijriyah.



Masyarakat di Pariaman mengggelar upacara besar-besaran yang bernama Basapa. Basapa adalah  ziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Ziarah itu dilakukan untuk memperingati wafatnya  sang ulama penyebar agama Islam sekaligus pendiri tarekat Syatariyyah di wilayah Sumatera Barat tersebut.



Bagaimana pandangan Islam dalam ritual yang berlaku dalam kegiatan Basapa di Ulakan, Pariaman ini?

Simak penjelasan dari Ketua Dewan Fatwa MUI Pariaman tentang kegiatan Basapa ini, Buya Zulkifli Zakaria, MA dalam video berikut:





Sumber: www.sangperawi.com
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim: 1893)
Sebarkan jika Bermanfaat, Klik Tombol di bawah ini ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Cara-Cara Menghasilan Uang dari YouTube dengan Mudah

Saat ini, menghasilkan uang dari internet bukanlah hal yang mustahil. Salah satu cara mendapatkan uang tersebut adalah lewat YouTube. Cara m...